An emotionally invested enthusiast of pop culture in the guise of a Copywriter. Apathetic by design. Aesthetically offensive and eloquently candid. A sentimental heathen.


before-midnight-poster

 

9 tahun telah berlalu sejak Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julie Delpy) bertemu lagi di Paris dalam Before Sunset (2004). Kali ini, mereka berlibur ke Yunani untuk menghabiskan musim panas bersama putri kembar mereka, Ella dan Nina, serta Hank, putra Jesse dengan mantan istrinya.

 

before midnight 4

Sayang banget rasanya film ini gak tayang di Indonesia, karena saya pribadi penasaran gimana rasanya nonton film ini di layar lebar. Itu, dan fakta bahwa sampai sekarang film ini gak ada subtitle-nya yang beres dan saya harus nonton tanpa subtitle. Tetep dapet feel dan paham sama percakapannya sih, tapi rasanya kan bakal lebih…dapet lagi kalau ada subtitle(Inggris)nya karena dialognya lah yang membuat Before Midnight istimewa, sama seperti Before Sunrise dan Before Sunset.

And it blew my mind away.

Jujur, saya sebenernya bingung harus nulis apa, karena rasa-rasanya tidak pada tempatnya kalau saya sok tahu mengomentari film ini. Yang saya tahu, menonton Before Midnight membuat saya tersenyum, tertohok, dan di saat yang sama berpikir. Before Midnight adalah film yang cerdas, dengan dialog-dialog cantik yang tidak terkesan menggurui.

Before Midnight bukanlah sebuah film melodrama romantis, di mana cinta bisa menyelesaikan segalanya. Sebaliknya, Before Midnight merupakan film yang memberi kita celah untuk mengintip kehidupan nyata, di mana sekedar cinta tidaklah cukup untuk membangun sebuah hubungan jangka panjang. Jesse dan Celine memang masih saling mencintai (atau paling tidak kita membiarkan diri kita berdelusi menganggap rasa itu masih ada untuk memuaskan dahaga kita atas sebuah fairy tale romantis dengan akhir bahagia) namun setelah bertahun-tahun mentolerasi keberadaan satu sama lain, bukan tidak mungkin rasa cinta itu pada akhirnya terkubur.

before midnight 1

And at the end, it’s no longer about whether they love each other or not. It’s whether they would try to make it last, or not. Because real life is not perfect. It never is. It’s not like picking the two fluffiest kittens out of seven to keep – you can’t choose which parts of life you’d live and which you’d throw away. You have to stick through it all.

Before Midnight, bagi saya, merupakan penutup yang sesuai dari Before Sunrise dan Before Sunset. Dan film ini memberikan rasa yang sama bagi saya seperti yang dimunculkan kedua film prekuelnya: I want a love like Jesse and Celine. It definitely is not perfect, but it’s real.

 

Director: Richard Linklater. Writer: Richard Linklater, Julie Delpy, Ethan Hawke. Released on: 14 June 2013. Casts: Ethan Hawke, Julie Delpy

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *