An emotionally invested enthusiast of pop culture in the guise of a Copywriter. Apathetic by design. Aesthetically offensive and eloquently candid. A sentimental heathen.

Pacific-Rim-Movie-Poster

Ketika sebuah retakan di Samudera Pasifik menciptakan “wormhole” yang menghubungkan bumi dengan sebuah dunia lain, bumi pun menjadi sasaran empuk bagi sepasukan “Kaiju” atau monster raksasa yang nyaris tidak dapat dihentikan. Muncul penyelamat dalam bentuk “Jaeger”, robot raksasa yang dikendalikan oleh dua pilot yang pikirannya dihubungkan melalui “drift”. Tapi para Kaiju terus beradaptasi, dan dalam satu pertempuran naas mereka berhasil mengalahkan Gipsy Danger, Jaeger USA yang dipiloti oleh Yancy Becket (Diego Klattenhoff) dan Raleigh Becket (Charlie Hunnam). Jatuhnya Gipsy Danger sekaligus merenggut nyawa Yancy, dan Raleigh yang trauma karena masih terhubung dengan Yancy saat kakaknya itu meninggal pun pensiun.

Memasuki tahun 2025, hanya ada tiga Jaeger yang masih beroperasi: Striker Eureka, Crimson Typhoon, dan Cherno Alpha. Di titik puncak pertempuran melawan Kaiju, Marshal Stacker Pentecost (Idris Elba) pun memanggil kembali Raleigh dan memintanya untuk kembali menjadi pilot Gipsy Danger yang telah diperbaiki dalam usaha terakhir untuk melawan para Kaiju. Bersama Mako Mori (Rinko Kikuchi), Raleigh pun kembali membawa Gipsy Danger ke medan tempur.

pacificrim1

Sumpah deh ini film ganteng banget. Serius, gak bercana. Film ini gantengnya gak ketulungan. Visualnya gila, setiap adegan pertarungannya super keren, dan gue merasa kembali jadi anak kecil yang giddy dan gak bisa berenti tepuk tangan in delight. Angkat topi buat Guillermo del Toro dan imajinasi gilanya yang berhasil menghasilkan film ini. I swear, Jaeger are the coolest war machine ever. Lebih keren dari warmachineroxx bahkan. Although I’d still pick Jarvis over the 25-story tall destroyer robot any time of the day. BECAUSE JARVIS. Jaeger is an uber cool robot that could put Transformers to shame.

Dari segi isi juga Pacific Rim sebenarnya cukup decent. del Toro memberikan penjelasan yang cukup masuk akal untuk segalanya, seperti kenapa harus ada dua pilot. Gak ada plot-hole yang nganga dan bikin saya facepalm, dan dia juga gak totally predictable dan bikin saya mendengus kesal saat ceritanya berjalan. Alurnya juga gak terlalu lambat. Apalagi ditambah dengan duo Charlie Day sebagai Dr. Newton Geiszler dan Burn Gorman sebagai Gottlieb yang super refreshing, serta keberadaan Idris Elba sebagai Marshal Stacker Pentecost yang bak mengomandani seluruh film.

Sayangnya, Pacific Rim fall short di beberapa titik. Contohnya well alasan jelas kenapa mereka baru kepikiran mau melakukan rencana all out itu sekarang dan gak dari dulu? Dan dialognya demi apapun. Saya adalah orang yang sangat sensitif soal dialog, dan saya akan cinta setengah mati sama film yang punya dialog yang “cantik” atau enak didengar dan memorable. Pacific Rim, sayangnya, tidak punya itu.  Selain itu, saya juga merasa sangat terganggu dengan suara Rinko Kikuchi sepanjang film yang kesannya dipaksakan agar terdenger lembut dan high-pitch serta beraksen kental. Raleigh juga agak…awkward ya, entah kenapa. Kurang kuatnya background story dari Raleigh dan Mako juga jadi membuat saya merasa kurang terhubung ataupun simpatik dengan mereka. Bahkan sebenarnya, saya sama sekali gak merasa simpatik terhadap tokoh mana pun karena mereka tampak bagaikan tokoh cabutan yan gak punya masa lalu serta masa depannya juga gak sepenting itu.

pacificrim2

And Pacific Rim had that moment of weakness, ketika saya memandangi layar dan ketawa awkward saat melihat bagian super cliche sambil bilang “Please deh gak bakal se-cliche itu kan? Jangan dong ayolah ayolah” dan akhirnya cuma bisa snort in disappointment karena ternyata jadinya emang cliche. Meh.

All in all, Pacific Rim is a handsome bloke. But once you spent time with him and talk to him, you’ll see that he’s not all that high and mighty like what you thought he would be. He’s a decent bloke, but that’s it. Just decent.

Dan pada akhirnya, justru keberadaan duo ilmuwan nyeleneh Newton dan Gottlieb lah yang menyelematkan film ini. Those two cute geeks that I love so much. Oh, dan somehow, saya merasa familiar sama Gottlieb. Baru tau kalau dia ternyata main di Torchwood, dan sekarang jadi mau nge-hunt show itu.

pacificrim3

Director: Guillermo del Toro. Writer: Travis Beacham, Guillermo del Toro. Released on: 12 July 2013.  Casts: Charlie Hunnam, Rinko Kikuchi, Diego Klattenhoff, Idris Elba, Charlie Day, Burn Gorman, Max Martini, Robert Kazinsky, Clifton Collins Jr.

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *